Autodesk
3ds Max
Autodesk 3ds
Max, 3D Studio MAX sebelumnya, adalah pemodelan, animasi dan rendering paket yang dikembangkan oleh
Autodesk Media dan Entertainment. Autodesk
memiliki kemampuan pemodelan, arsitektur plugin yang fleksibel dan dapat
digunakan pada platform Microsoft Windows.
Software Ini sering digunakan oleh
pengembang video animation, studio TV
komersial dan studio visualisasi arsitektur. Hal ini juga digunakan pada efek-efek film dan film
pra-visualisasi. Selain pemodelan dan tool
animasi, versi terbaru dari 3DS Max juga memiliki fitur shader (seperti ambient occlusion dan subsurface
scattering), dynamic simulation, particle systems, radiosity, normal map creation and rendering, global illumination,
customize user interface, dan bahasa scripting
untuk 3DMax.
Gambar
2.12 Tampilan lembar kerja pada 3ds max
Beberapa fitur
yang ada pada 3ds Max sebagai berikut :
1. MAXscript
MAXScript
adalah bahasa scripting yang dapat digunakan untuk
mengotomatisasi gerakan yang berulang-ulang, menggabungkan fungsionalitas yang
sudah ada dengan cara baru, mengembangkan tool baru dan user interface
serta
lebih banyak lagi. Modul Plugin dapat
dibuat sepenuhnya dalam MAXScript.
2. Karakter
Studio
Karakter
Studio adalah sebuah plugin yang sejak versi 4 telah terintegrasi dalam 3D
Studio Max, membantu pengguna untuk imenghidupkan karakter virtual. Sistem ini
bekerja dengan menggunakan rig
karakter atau "Biped" yang
sebelumnya dibuat dan memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan rig agar sesuai dengan karakter mereka
serta akan terlihat hidup. Dedicated
curve editors dan motion capture
data import tools akan membuat
Karakter ideal Studio untuk karakter animasi. "Biped" objek memiliki fitur yang berguna otomatis pada
produksi siklus berjalan dan jalur gerakan, serta gerakan sekunder.
3. Scene Explorer
Scene Explorer merupakan sebuah tool yang
menyediakan hierarchical view of scene
data dan analisis, bekerja memfasilitasi adegan-adegan yang lebih kompleks.
Scene Explorer memiliki kemampuan
untuk menyortir, menyaring, dan pencarian adegan pada setiap jenis objek atau
properti (termasuk metadata).
4. DWG
Import
3DS
Max mendukung both import dan
menghubungkan file DWG. Peningkatan memori manajemen dalam 3DS Max 2008
memungkinkan scenes yang lebih besar
yang harus diimpor dengan beberapa objek.
5. Texture Assignment/Editing
3DS
Max menawarkan operasi untuk kreatif tekstur, planar mapping, including tiling, mirroring, decals, angle, rotate,
blur, UV stretching, and relaxation; Remove Distortion; Preserve UV; and UV
template image export. Alur kerja tekstur mencakup kemampuan untuk
menggabungkan jumlah tekstur yang tidak terbatas, Material/Map browser dengan dukungan untuk drag-and-drop, dan hirarki dengan thumbnail.
6. Constrained animated
Objek dapat dijadikan animasi
sepanjang kurva dengan control untuk penyelarasan, kecepatan, kelancaran, dan
perulangan, dan sepanjang permukaan dengan kontrol untuk penyelarasan. Objek
dapat dibatasi untuk menghidupkan dengan obyek lain dalam banyak cara termasuk
melihat, orientasi dalam ruang koordinat yang berbeda, dan menghubungkan di
berbagai titik dalam waktu.
7. Skinning
Kulit atau pengubah fisik dapat
digunakan untuk mencapai precise control
pada deformasi tulang, sehingga karakter deformasi lancar seperti sendi yang
bergerak, bahkan di daerah yang paling menantang, seperti bahu. Kulit deformasi
dapat dikendalikan dengan menggunakan direct
vertex weights, volumes of vertices didefinisikan oleh envelopes, atau
keduanya.
8. Integrate cloth Solver
Selain pengubah reactor’s cloth modifier, 3DS Max
software memiliki cloth simulation
engine terpadu yang memungkinkan pengguna untuk mengubah hampir semua objek
3D ke pakian. Lokal
simulasi memungkinkan seniman menggantungkan kain secara real time untuk mendirikan negara pakaian awal sebelum pengaturan
kunci animasi.
Cloth
simmulation dapat digunakan dalam hubungannya dengan kekuatan lain dari 3DS
Max dinamis, seperti Space Warps.
Beberapa sistem lain
independen dapat animasi dengan obyek mereka sendiri dan kekuatan. Data deformasi Kain dapat di-cache ke hard drive untuk
memungkinkan iterasi tak rusak dan untuk meningkatkan kinerja pemutaran.
9. Integrasi
dengan Autodesk Vault
Autodesk
Vault plug-in, mengkonsolidasikan 3DS pengguna asset Max dalam satu lokasi. Hal ini memungkinkan mereka untuk secara otomatis melacak
file dan mengelola pekerjaan dalam penyelesaian. Pengguna dapat dengan mudah
dan aman berbagi, menemukan, dan menggunakan kembali 3ds Max (dan desain) aset
dalam produksi skala besar atau lingkungan visualisasi.
0 komentar:
Posting Komentar