ArToolkit
ArToolkit adalah software library, untuk membangun AR.
Aplikasi ini adalah aplikasi yang melibatkan overlay pencitraan virtual ke dunia nyata. ArToolkit menggunakan
pelacakan video untuk menghitung posisi kamera yang nyata dan mengorientasikan
pola pada kertas marker secara realtime. Setelah posisi kamera yang
asli telah diketahui, maka virtual camera dapat diposisikan pada titik yang
sama, dan objek 3D dapat digambarkan diatas marker.
ArToolkit memecahkan masalah pada AR yaitu sudut
pandang pelacakan objek dan interaksi objek virtual.
ArToolkit merupakan software library yang dirancang untuk
dapat dihubungkan ke dalam program aplikasi. ArToolit membutuhkan webcam yang sudah terinstall pada komputer, selain itu dibutuhkan marker dan juga harus sudah terinstal
DirectX minimal versi 9. Hal
penting lainnya yaitu menyiapkan file glut (Graphic Library
Utility Toolkit). Langkah-langkah dalam pengaturan file glut diantaranya adalah:
2. Buat
folder AR di drive C
3. Simpan
ArToolkit-2.72-bin-win32.zip dan glut-3.7.6-bin zip ke folder AR.
4. Ekstrak
ArToolkit-2.72.1-bin-win.zip ke drive C
5. Ekstrak
glut-3.7.6-bin.zip pada folder AR.
6. Copy
file glut32.dll dari folder glut-3.7.6-bin ke dalam folder C:\ArToolkit\bin.
7. Tambahkan
folder GL di dalam C:\ArToolkit\include kemudian copy file glut.h dari folder
glut-3.7.6-bin ke folder C:\ArToolkit\include\GL.
8. Copy
file glut32.lib dari folder glut-3.7.6-bin ke folder C:\ArToolkit\lib.
ArToolkit menggunakan teknik visi
komputer untuk mengkalkulasi sudut pandang kamera nyata ke marker
yang nyata. Terdapat
lima langkah dalam proses kerja ArToolkit.
1. Kamera
mencari marker, kemudian marker yang dideteksi diubah menjadi binary, kemudian black frame atau bingkai hitam terdeteksi oleh kamera.
2. Kamera
menemukan posisi marker 3D dan
dikalkulasikan dengan kamera nyata.
3. Kamera
mengidentifikasi marker, apakah pola marker sesuai dengan templates memory.
4. Transformasikan
posisi marker.
5. Objek
3D di render diatas marker.
0 komentar:
Posting Komentar