- Window Classes Fundamental
Dalam mengembangkan aplikasi GUI,
komponen GUI seperti tombol atau textfield diletakkan
di dalam kontainer. Berikut ini adalah
daftar dari beberapa class penting pada kontainer yang
telah disediakan oleh AWT.
- Komponen : Abstract Class untuk object yang dapat
ditampilkan pada console dan berinteraksi dengang user. Bagian utama dari
semua class AWT.
- Kontainer : Abstract Subclass dari Component
Class. Sebuah komponen yang dapat menampung komponen yang lainnya.
- Panel : Turunan dari Container Class. Sebuah
frame atau window tanpa titlebar, menubar tidak termasuk border.
Superclass dari applet class.
- Window : Turunan dari Container class. Top level
window, dimana berarti tidak bisa dimasukkan dalam object yang
lainnya.Tidak memiliki border dan menubar.
- Frame : Turunan dari window class. Window dengan
judul, menubar, border dan pengatur ukuran di pojok. Memiliki empat
constructor , dua diantaranya memiliki penulisan seperti :Frame(),
Frame(String title)
Untuk mengatur ukuran window,
menggunakan method setSize.
void
setSize(int width, int height)
mengubah ukuran komponen ini dengan width
dan height sebagai parameter.
void setSize(Dimension
d)
mengubah ukuran dengan d.width dan
d.height berdasar pada spesifikasi Dimension d.
Default dari window adalah not
visible atau tak tampak hingga Anda mengatur visibility menjadi true.
Inilah syntax untuk method setVisible.
void setVisible(boolean
b)
Dalam mendesain aplikasi GUI, Object
Frame selalu digunakan. Dibawah ini adalah contoh bagaimana membuat
sebuah aplikasi.
import java.awt.*;
public class SampleFrame extends
Frame {
public
static void main(String args[]) {
SampleFrame
sf = new SampleFrame();
sf.setSize(100,
100); //Coba hilangkan baris ini
sf.setVisible(true);
//Coba hilangkan baris ini
}
}
perhatikan bahwa tombol tutup pada
frame tidak akan bekerja karena tidak ada mekanisme
event handling yang ditambahkan di dalam aplikasi.
- Grafik
Beberapa method grafik ditemukan
dalam class Graphic. Dibawah ini adalah daftar dari beberapa method.
Hubungan dari class ini adalah class
Color, dimana memiliki tiga constructor.
Dibawah ini adalah contoh program
yang menggunakan beberapa method di dalam class
Graphic.
import java.awt.*;
public class GraphicPanel extends
Panel {
GraphicPanel() {
setBackground(Color.black);
//Konstanta dalam class Color
}
public void paint(Graphics g) {
g.setColor(new Color(0,255,0));
//hijau
g.setFont(new Font("Helvetica",Font.PLAIN,16));
g.drawString("Hello GUI
World!", 30, 100);
g.setColor(new Color(1.0f,0,0));
//red
g.fillRect(30, 100, 150, 10);
}
public static void main(String
args[]) {
Frame f = new Frame("Testing
Graphics Panel");
GraphicPanel gp = new
GraphicPanel();
f.add(gp);
f.setSize(600, 300);
f.setVisible(true);
}
}
Agar panel dapat terlihat atau visible,
dia harus diletakkan didalam window yang dapat terlihat seperti sebuah
frame.
- Komponen AWT
Berikut ini adalah daftar dari
kontrol AWT. Kontrol adalah komponen seperti tombol atau textfield yang
mengijinkan user untuk berinteraksi dengan aplikasi GUI. Berikut ini semua
subclass dari class Components.
Berikut adalah aplikasi membuat
sebuah frame dengan kontrol yang telah dimasukkan di dalamnya.
import java.awt.*;
class FrameWControls extends Frame {
public static void main(String
args[]) {
FrameWControls fwc = new
FrameWControls();
fwc.setLayout(new FlowLayout());
//akan dibahas lebih detail
pada pembahasan berikutnya
fwc.setSize(600, 600);
fwc.add(new Button("Test
Me!"));
fwc.add(new
Label("Labe"));
fwc.add(new TextField());
CheckboxGroup cbg = new
CheckboxGroup();
fwc.add(new
Checkbox("chk1", cbg, true));
fwc.add(new
Checkbox("chk2", cbg, false));
fwc.add(new
Checkbox("chk3", cbg, false));
List list = new List(3, false);
list.add("MTV");
list.add("V");
fwc.add(list);
Choice chooser = new Choice();
chooser.add("Avril");
chooser.add("Monica");
chooser.add("Britney");
fwc.add(chooser);
fwc.add(new Scrollbar());
fwc.setVisible(true);
}
}
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar